Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kesuburan Wanita

Posted by Renda nilan Selasa, 16 April 2013 1 komentar


Dari , dr. Rosdiana Ramli, SpOG

Ada banyak faktor yang mempengaruhi kesuburan seorang wanita. Secara garis besar faktor-faktor ini berupa sumbatan pada rahim dan saluran telur, atau juga gangguan hormon yang bisa menyebabkan sel telur gagal matang (kegagalan ovulasi).

1. Sumbatan Pada Saluran Telur Atau Rahim

Logikanya, kalau saluran menuju sel telur tersumbat, sperma tidak akan bisa lewat. masalah sumbatan ini cukup sering mempengaruhi kesuburan seorang wanita. Penyebab terjadinya sumbatan pada saluran telur atau rahim ini ada bermacam-macam

  • Infeksi
Infeksi yang terjadi pada bagian panggul ataupun infeksi yang termasuk infeksi menular seksual, kalau tidak diobati lama kelamaan akan menyebabkan perlengketan. Penyakit-penyakit menular seksual seperti gonore, herpes, sifilis dan klamidia adalah jenis penyakit menular yang paling sering mempengaruhi kesuburan wanita atau pun berhasil hamil namun melahirkan bayi yang cacat lahir. Bahkan infeksi yang telah lama pun (contohnya klamidia) masih bisa menyebabkan parut permanen pada pelvis.

Infeksi penyakit menular seksual bisa menyebabkan perlengketan. Perlengketan inilah yang membuat saluran menuju sel telur jadi tersumbat sehingga menghambat terjadinya pembuahan. Gejala yang timbul akibat infeksi ini paling sering yaitu keputihan yang di sertai bau dan gatal. Banyak juga ditemui keluhan rasa nyeri pada perut bagian bawah. Sumbatan saluran telur atau saluran rahim ini juga bisa diakibatkan oleh parut bekas operasi yang tidak sempurna penyembuhannya.
  • Tumor
Tumor salah satu yang mempengaruhi kesuburan wanita tapi tergantung dari lokasi tumor dan ukuran tumor tersebut. Apabila tumornya kecil dan letaknya di dinding luar rahim, maka tidak akan mempengaruhi kesuburan wanita. Tapi apabila ukuran tumornya besar dan lokasinya ada di dinding dalam rahim, maka tumor ini dapat menghambat proses pembuahan dan kehamilan.

2. Gagal Matang Sel Telur (Kegagalan Ovulasi)

Secara normal, sel telur akan mengalami pematangan (ovulasi). Tapi dalam kondisi ini sel telur gagal mengalami ovulasi dan mengakibatkan gangguan haid. Pada keadaan ini, ketidakseimbangan hormon adalah faktor yang paling banyak berperan dalam mempengaruhi kesuburan wanita. Penyebab lainnya antara lain :
  • Endometriosis
Endometriosis adalah suatu keadaan dimana jaringan endometrium yang normalnya tumbuh di dinding dalam rahim, ditemukan di organ lain, misalnya indung telur, dinding perut, usus, bahkan di paru-paru. sebanyak 20 - 60 % penderita endometriosis akan mengalami infertilitas.
Pada infertilitas primer, kejadiannya sebesar 25 %. Pada wanita infertil dengan keluhan nyeri haid, 80% di temukan bercak endometriosis, tetapi belum tentu endometriosis merupakan penyebab utama infertil, karena pada beberapa wanita hamil yang dilakukan operasi caesar kadang ditemukan endometriosis di rongga panggulnya.
  • Sindroma Ovarium Polikistik
Yaitu terdapat folikel-folikel kecil di indung telur yang dapat menyebabkan kegagalan ovulasi. Penyebab pastinya belum diketahui, tetapi diduga berhubungan dengan obesitas.
  • Berat Badan
Pertanyaan paling sering yang di ajukan oleh pasien adalah apa penyebab dan hubungannya sehingga berat badan yamg berlebih bisa mempengaruhi kesuburan wanita ? jawabannya adalah karena faktor hormonal yang tidak seimbang pada wanita dengan berat badan yang berlebih.

FAKTOR BERAT BADAN DAPAT MENGGANGGU KESUBURAN WANITA. 
BUKAN CUMA KARENA KEGEMUKAN, TAPI JUGA YANG TERLALU KURUS

Pada kondisi ini terjadi perubahan hormonal yang pada akhirnya mengganggu fungsi indung telur. nanti kita akan bahas lagi lebih jauh tentang hubungan berat badan dan infertilitas di postingan berikutnya
Yang perlu juga diperhatikan oleh pihak istri adalah penggunaan cairan pembersih vagina. Untuk menjaga kebersihan organ vital banyak wanita yang menggunakan cairan pembersih vagina yang biasanya diproduksi dalam kemasan cair.

Kebiasaan mencuci vagina dengan sabun pembersih vagina yang mengandung antiseptik dapat mengubah kondisi lendir rahim sehingga menjadi "tidak ramah" terhadap sperma. Selain itu bahaya lain yang bisa ditimbulkan akibat penggunaan cairan pembersih vagina adalah resiko memicu terjadinya kanker serviks atau kanker leher rahim. ini dikarenakan cairan pembersih dengan antiseptik tersebut membunuh semua kuman dan bakteri termasuk juga bakteri yang sebenarnya secara alami berfungsi untuk melindungi vagina misalnya bakteri doderlyne.

Bakteri doderlyne ini fungsinya adalah melindungi vagina dari masuknya kuman dan bakteri merugikan yang lain. Tapi karena antiseptik tidak bisa membedakan mana bakteri merugikan dan mana bakteri menguntungkan, jadinya semuanya dibasmi. Dengan terbasminya semua bakteri menguntungkan seperti bakteri doderlyne, maka kuman dan bakteri merugikan bisa masuk kapan saja dengan lebih mudah.
Selanjunya saya akan mengajak anda untuk mempelajari lebih dekat, Faktor-faktor apa yang mempengaruhi pri menjadi tidak subur klik disini.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN BUNDA
Judul: Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kesuburan Wanita
Ditulis oleh Renda nilan
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi bunda. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://sayaingin-hamil.blogspot.com/2013/04/faktor-faktor-yang-mempengaruhi.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini. Semoga bunda cepat hamil

1 komentar:

Maia cantik mengatakan...

Trik Jitu Ml Gratis/Trik Sex Gratis
_________________

ML Dengan Pacar
ML Di Kamar Mandi
ML Di Toilet
ML Di Kolam Renang

Poskan Komentar

Renda Nilan's Blog support Reseller Abe-global - Original design by Dyan | Copyright of Saya Ingin Hamil.